Marketing Inbound : Pengertian dan Tahapan Terbaru

Marketing inbound merupakan teknik pemasaran digital bertujuan untuk mengiring calon konsumen pada produk yang dipasarkan. Banyak pebisnis memilih cara ini disebabkan tidak perlu susah payah mencari konsumen. Tetapi, mereka dengan sendirinya mendekati produk untuk mengetahui lebih lanjut, membeli dan menjadi pelanggan setia. 

Daftar Isi

3 Tahap Dasar Marketing Inbound

Pemasaran digital akan lebih efektif saat menerapkan strategi inbound marketing. Jika biasanya pebisnis mencari konsumen untuk menjual produk, namun di sini sebaliknya. Produk yang dihasilkan harus memiliki keunikan dan manfaat agar mudah menarik minat konsumen. Terdapat tahapan dasar marketing inbound yang perlu dilakukan yaitu: 

1. Attract

Tahap attract, yang dilakukan adalah menarik perhatian calon pelanggan. Sebab, target pasar belum mengetahui sama sekali tentang produk bisnis. Maka, sebagai pebisnis harus mengenalkan kepada masyarakat agar sadar terhadap bisnis Anda.

Marketing Inbound : Pengertian dan Tahapan Terbaru

Cara yang dapat digunakan adalah dengan membuat content marketing, iklan digital serta social media marketing. Tawarkan nilai kepada konsumen untuk membuat mereka tertarik. Jika hanya memperlihatkan produk begitu saja, maka apa bedanya Anda dengan pesaing?

2. Convert

Target konsumen sudah mulai tertarik dengan produk, selanjutnya membuat mereka menjadi pembeli. Mulailah dapatkan email, nomor handphone dan data pelanggan. Cara untuk memperoleh informasi ini bisa dengan membuat landing page, leading magnet atau form. 

Saat berkunjung ke sebuah artikel website, pasti pernah menemukan ajakan untuk berlangganan newsletter. Ini bisa Anda terapkan untuk mendapatkan kontak pelanggan. Selanjutnya hubungi secara intens dan terapkan strategi supaya konsumen tersebut tertarik melakukan transaksi produk. 

3. Close

Tahap selanjutnya marketing inbound, Anda berusaha membuat konsumen melakukan closing atau membeli produk. Mulailah mengirim konten guna menarik perhatian, ingatkan mereka jika ada promo menarik agar tidak melewatkan. 

Setelah menjadi konsumen, harus menjaga hubungan baik supaya kedepannya terus melakukan pembelian produk sesuai arahan dari www.bisnisman.id. Jika tidak memberi layanan terbaik, tidak cepat respon dan hal lain membuat konsumen kecewa, maka kemungkinan besar selanjutnya akan beralih kepada kompetitor.

Sekian Ulasan tahap dasar marketing inbound perlu Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan. Konsumen setelah menggunakan produk dan merasa puas, seterusnya akan mencari-cari brand dan menjadi konsumen setia. Peningkatan pelanggan terus terjadi sampai akhirnya mampu mencapai target bisnis.